Bahaya Asam Lambung

Bahaya Asam Lambung

Tulisan ini saya buat setelah mendengar kabar yang menyedihkan dari kawan baik saya sejak kecil. Dia meninggal setelah mengalami sakit yang cukup parah akibat gangguan asam lambung yang berlebih. Padahal anak-anaknya masih memerlukan pendampingan dia, karena masih kecil-kecil. Dan selama ini hanya dia yang menjadi andalan untuk mendapatkan penghasilan keluarganya. Terus terang hal ini sangat mengganggu saya. Karena sejak kecil saya sendiri sering mengalami gangguan asam lambung berlebih. Dan rasanya sungguh tidak enak. Sehingga saya tergerak ingin lebih tahu tentang bahaya asam lambung bagi kita. Dan inilah hasil penelusuran saya.

Apa itu asam lambung?

Asam lambung secara alami memang ada di dalam lambung kita. Fungsinya sangat penting dalam proses pencernaan, menetralisir enzim dan membunuh kuman-kuman tertentu. Jumlahnya tidak boleh berlebihan atau kekurangan. Harus dalam kisaran yang bisa ditoleransi. Kalau jumlahnya tidak sesuai akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Tanda-tandanya yang paling umum antara lain perut terasa nyeri, kembung dan buang air besar terus menerus. Kalau dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan hal-hal yang sangat fatal. Bahkan dapat menyebabkan kematian.

bahaya asam lambung

Bahaya asam lambung yang diabaikan.

Bahaya asam lambung jika terlalu sedikit.

Hipokloridia adalah istilah untuk kekurangan asam lambung. Hal ini bisa menyebabkan gangguan dalam penyerapan nutrisi. Tanda-tanda kekurangan asam lambung adalah :

  • sering bersendawa
  • perut terasa pedih dan mual
  • kembung
  • diare
  • sering buang angin
  • tubuh terasa lemas

Dalam jangka panjang kekurangan asam lambung akan menyebabkan malnutrisi atau kekurangan zat-zat makanan. Karena makanan yang kita konsumsi tidak dapat dicerna dengan baik.

Bahaya asam lambung yang berlebihan.

Hal ini yang paling sering terjadi. Bahkan kalau sudah parah otot-otot terasa sangat sakit, nafas terasa sesak dan jantung berdebar lebih kencang. Beragam gangguan yang biasanya terjadi antara lain :

a. Ulu hati terasa nyeri.

Pada area dada dan perut bagian atas terasa perih, yang ketika berbaring atau membungkuk malah akan terasa lebih sakit. Penyebabnya adalah asam lambung yang naik ke kerongkongan, dan bisa sebagai tanda adanya tukak lambung. Keluhan nyeri ulu hati yang hanya terjadi sesekali, biasanya tidak diperlukan penanganan khusus. Tapi jika nyerinya lebih sering terjadi, bahkan terasa berat yang menjalar hingga ke rahang, leher, atau lengan, maka diperlukan pemeriksaan dan pengobatan oleh dokter.

b. Penyakit asam lambung.

Dikenal dengan istilah Gastroesophageal reflux disease atau GERD yaitu penyakit pencernaan kronis dimana asam lambung atau cairan dan isi lambung naik ke kerongkongan. Akibatnya pada dinding kerongkongan terjadi iritasi atau biasa disebut esofagitis.

Tanda-tanda terjadinya GERD ketika nyeri ulu hati yang muncul lebih dari dua kali dalam seminggu. Namun Bahaya asam lambung yang ini bisa diobati dengan cara menjalani gaya hidup sehat, berhenti merokok, menjauhi konsumsi kopi dan alkohol, serta mengonsumsi obat-obatan pereda asam lambung. Tapi untuk kasus tertentu, GERD perlu ditangani dengan operasi.

c. Kerusakan gigi.

Dengan naiknya asam lambung ke kerongkongan, bahkan sampai ke mulut maka tanpa disadari email gigi akan terkikis. Dan jika dibiarkan akan merusak gigi secara keseluruhan. Jadi tidak heran kalau orang yang mengalami kelebihan asam lambung kondisi giginya juga tidak bagus. Nafasnya pun juga bau tidak enak.

d. Pernafasan terganggu.

Selain merusak gigi, asam lambung yangnaik ke kerongkongan juga dapat masuk kesaluran pernapasan hingga ke paru-paru. Akibatnya bisa memperparah orang yang sudah menderita asma atau pun pneumonia.

e. Kerusakan kerongkongan.

Karena sering dilalui cairan asam lambung, maka sel-sel yang melapisi kerongkongan yang disebut squamous dan berbentuk rata (flat), akan berubah menjadi seperti sel-sel perut, yaitu berbentuk columnar (kolom). Kondisi ini disebut esophagus Barrett. Tanda-tandanya mirip GERD. Jika dibiarkan berlarut-larut bisa menyebabkan kanker kerongkongan.

Gejala esophagus Barrett mirip yang ditunjukkan dengan orang-orang yang mengidap asam lambung. Terasa mulas khususnya di malam hari, sehingga mengganggu tidur.

bahaya asam lambung

Gejala-gejala lain termasuk:

  • Sakit dada
  • Sulit menelan
  • Makanan tersedak atau muntah
  • Sulit bernapas, bersuara mendesis
  • Tenggorokan kering atau suara serak

Untuk menghindari bahaya asam lambung usahakan sering melakukan relaksasi pikiran, jadwal makan teratur, makan tidak terlalu cepat, dan tiduran setelah makan karena asam lambung akan naik.

Baca juga : Hindari makanan penyebab kanker serviks

Jika ada tanda-tanda gangguan pencernaan segeralah menghubungi dokter atau tenaga kesehatan terdekat. Agar segera mendapat penanganan yang benar.

Salam bebas bergaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now Button
Shares
%d bloggers like this: