Hindari Makanan Penyebab Kanker Serviks

Hindari Makanan Penyebab Kanker Serviks

makanan penyebab kanker serviks

Salah satu momok menakutkan bagi kaum wanita dan memang banyak merenggut korban adalah kanker serviks. Penyakit ini memang menyerang kaum wanita karena bagian yang terkena adalah di daerah leher rahim. Beberapa artis yang menderita penyakit kanker leher rahim atau kanker serviks ini antara lain adalah penyanyi dan pencipta lagu Titik Puspa yang beruntung bisa sembuh setelah menjalani perawatan dan pengobatan yang cukup lama. Namun ada juga yang tidak berhasil diobati dan akhirnya meninggal, yaitu artis Julia Perez. Dan kanker serviks ini ternyata bisa dipicu dari makanan penyebab kanker serviks. Apa saja makanan itu?

Kenali makanan penyebab kanker serviks

Kanker serviks atau disebut juga dengan kanker leher rahim adalah penyakit yang menyerang organ reproduksi perempuan, lebih tepatnya di daerah leher rahim. Biasanya sebagian besar kanker ini dikarenakan oleh virus yang dinamakan human papillomavirus atau HPV. Penularannya terjadi melalui hubungan seksual. Namun tidak menutup kemungkinan kalau makanan penyebab timbulnya kanker serviks juga berperan disini.

Seorang peneliti dari Meksiko menjelaskan, bahwa kanker serviks dapat berasal dari asupan makanan yang terkontaminasi aflatoksin yang dari jamur Aspergilus flavus dan Aspergillus parasiticus. Aflatoksin ini termasuk zat karsinogenik yang berpotensi memicu terjadinya kanker.

makanan penyebab kanker serviks

Ilmuwan ini telah mengidentifikasi dan menghitung berapa jumlah aflatoksin pada makanan seperti tortilla jagung, dada ayam, telur, nasi, cabai, serta saus olahan,  dan dia mengungkapkan hubungannya dengan kanker serviks serta kanker hati pada manusia. Penelitian ini telah memenangkan National Award in Food Science and Technology pada kategori Ilmu Pengetahuan Profesional dalam Makanan hasil kerjasama CONACYT (Dewan Nasional Sains dan Teknologi) dan perusahaan Coca-Cola Meksiko.

Baca juga : Sembuh dan sehat dengan meditasi tertawa

Pada penelitian tersebut dijelaskan kalau human papillomavirus lebih bersifat karsinogenik dan cenderung memicu kanker serviks. Tidak hanya itu, sebenarnya masih banyak zat karsinogenik lainnya banyak dijumpai di kehidupan sehari-hari. Misalnya untuk obat-obatan tertentu yang digunakan tidak sesuai anjuran, paparan polusi dan gaya hidup yang tidak sehat. Cara menghindarinya adalah, dengan menyimpan makanan dengan benar agar dapat mengendalikan produksi toksin dan menerapkan gaya hidup sehat. Dan perhatikan juga makanan yang dikonsumsi. Tingkatkan konsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, asam folat, serta kalsium tinggi agar dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

Apa saja makanan penyebab kanker serviks itu?

Makanan penyebab kanker serviks seperti makanan yang digoreng, daging olahan, makanan berpengawet, soda,  dan makanan yang mengandung akrilik amida, antara lain keripik kentang dan kentang goreng.

Inilah jenis makanan penyebab kanker itu :

  1. Makanan dengan kandungan Banyak Lemak, adalah makanan penyebab yang pertama kanker serviks . Oleh karena itu batasi konsumsi makanan berlemak tinggi. Khususnya bagi Anda yang gemar dengan gorengan, sebab lemak dapat memproduksi hormon estrogen. Jika hormon ini terus menerus diproduksi dengan jumlah berlebih serta memaparkannya pada rahim, maka akan dapat memicu timbulnya sel kanker. Dan juga jika terlalu sering mengonsumsi makanan berlemak, bisa menjadi penyebab obesitas. Jika Anda memiliki berat badan berlebih, maka cenderung malas bergerak sehingga lemak tubuh akan berlebihan. Akibat selanjutnya adalah memicu timbulnya penyakit diabetes (DM) yang juga meningkatkan resiko terkena kanker. Makanan berlemak banyak dapat ditemukan di jenis makanan yang digoreng, daging olahan, makanan instan, makanan cepat saji, krim susu, dan lain-lain. Oleh karena itu hindarilah atau batasi konsumsi makanan berlemak. Tingkatkan konsumsi makanan yang rendah lemak, antara lain seperti daging has dalam, dada ayam, susu low fat. Kegiatan berolahraga sangat penting agar tubuh senantiasa bugar dan sekaligus membakar lemak. Perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran hijau karena mengandung banyak serat dan antioksidan. 
  2. Minuman serta Makanan yang Beralkohol. Jika Anda ingin menghindari kanker dan mengharapkan tubuh sehat serta senantiasa segar bugar, maka jangan mengonsumsi minuman dan atau makanan yang mengandung alkohol. Asupan alkohol berlebihan dalam jangka panjang, apalagi jika Anda seorang perokok, akan dapat meningkatkan resiko kanker. Kandungan bahan yang terdapat pada alkohol dan rokok bisa membahayakan kesehatan, sebab dapat melemahkan fungsi organ tubuh, serta memicu berkembangnya sel-sel kanker di daerah mulut rahim. Dan akhirnya akan berakibat pada kanker serviks. Jadi, hindarilah minuman keras dan penambahan alkohol saat mengolah makanan seperti untuk kue dan lainnya. Perbanyak konsumsi air putih dan jauhi rokok. 
  3. Makanan yang Mengandung Bahan Kimia Tambahan. Tujuan sebenarnya sangat baik, yaitu untuk menghindari pembuangan makanan yang rusak akibat tidak segera dikonsumsi. Sehingga ditambahkan bahan pengawet makanan. Namun ternyata karena dunia industri tidak bisa lepas dari pertimbangan untung rugi, maka bahan pengawet makanan dan bahan kimia makanan lainnya banyak ditambahkan pada produk olahan pangan. Tentu saja hal ini tidak aman untuk kesehatan, sebab makanan atau minuman dengan kandungan zat kimia seperti bahan pengawet, penguat rasa, pemanis dan pewarna buatan adalah merupakan bahan makanan penyebab kanker serviks. Gunakan bahan makanan segar dengan sesedikit mungkin pengolahan. Memasaknya jangan terlalu lama, sehingga tidak merusak bahan-bahan alami di bahan pangan segar tersebut. Pilih bahan-bahan organik (buah dan sayur organik) sebagai salah satu cara supaya terhindar dari kanker serviks dan kanker-kanker lainnya.
  4. Makanan dan Minuman Berkadar Gula Tinggi. Sebagai penambah rasa, maka gula memang dibutuhkan selain sebagai sebagai salah satu sumber energi. Namun perhatikan jumlah asupannya. Karena niat awalnya menjadi sumber energi malah akan menjadi penyebab penyakit seandainya di konsumsi secara berlebihan, termasuk menjadi sumber makanan penyebab kanker serviks. Batasilah konsumsi makanan atau minuman berkadar gula tinggi seperti aneka kue, sirup, minuman bersoda. Dengan memperhatikan asupan gula per hari yang dibutuhkan oleh tubuh, maka tubuh Anda akan lebih sehat. Ini tidak hanya gula pasir yang biasanya ditambahkan dalam minuman, tetapi juga seluruh gula yang ditambahkan dalam makanan dan minuman. Saat membuat jus buah usahakan tidak menambahkan gula lagi, karena sebagian besar buah sudah mengandung gula didalamnya.
  5. Makanan yang Dibakar atau Dipanggang. Makanan yang dibakar seperti sate atau iga bakar memang aromanya sedap, sehingga akan meningkatkannafsu makan.. Tapi daging yang diolah dengan proses pembakaran atau pemanggangan dengan arang bisa mengaktifkan zat yang bersifat beracun, dan juga akan memicu kanker termasuk dalam hal ini kanker serviks. Apalagi jika bagian gosongnya ikut termakan juga. Karena arang mengandung karbon, padahal karbon tergolong sebagai zat karsiogenik yang bisa memicu kanker. Oleh karena itu, Anda harus membatasi makanan yang diolah dengan cara pembakaran tersebut.

Itulah beberapa makanan penyebab kanker serviks yang dapat Anda batasi konsumsinya sehari-hari. Biasakanlah untuk selalu mengonsumsi makanan alami yang lebih sehat dan bergizi tinggi. Perhatikan terutama makanan pencegah kanker serviks, supaya terhindar dari resiko penyakit yang mematikan ini.

Baca juga : Cara terbaik mengembalikan tubuh kembali sehat secara alami

Sumber: Hindari Makanan Penyebab Kanker Serviks Sekarang Juga – Mediskus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now Button
Shares
%d bloggers like this: