Manfaat Baking Soda Untuk Membersihkan Kasur Dari Pengganggu
Manfaat Baking Soda Untuk Membersihkan Kasur

Manfaat Baking Soda Untuk Membersihkan Kasur

manfaat baking soda

Kasur atau matras sebagai tempat tidur yang kita manfaatkan untuk beristirahat setiap hari harus secara rutin dibersihkan. Namun karena yang terlihat adalah sprei yang menutupinya, maka kasur sebagai tempat tidur malah sering lupa dibersihkan. Akibatnya karena posisinya yang dibawah dan jarang dibersihkan, menyebabkan banyak bakteri pengganggu dan kutu yang nyaman tinggal disana. Dan tentu saja ini akan sangat mengganggu kesehatan kita. Ini tentu saja tidak boleh dibiarkan terjadi dalam jangka panjang dan harus segera dilaukan pembersihan yang tuntas. Salah satu cara mudah dan murah adalah dengan mengambil manfaat baking soda untuk membersihkan kasur.

Baking soda adalah bahan yang biasa dipakai untuk pengembang kue atau roti. Bahan ini bermanfaat menghilangkan bau tak sedap, tungau dan debu yang dapat mengganggu kenyamanan tidur Anda.

Kita hanya memerlukan tiga jenis bahan saja, yaitu 16 ons baking soda, minyak esensial dan penghisap debu atau vaccum cleaner.

Manfaat Baking Soda Dapat Dikerjakan Sebagai Berikut :

1. Buat Campuran Minyak Esensial dan Baking Soda

  • Lepaskan sprei dan bed cover.
  • Balikkan Kasur atau matras. Sebaiknya hal ini rutin dilakukan setiap enam bulan agar dapat memperpanjang umur matras serta mencegah kekenduran per.
  • Campurkan 16 ons baking soda dengan 10 hingga 20 tetes minyak esensial. Minyak esensial bermanfaat sebagai anti bakteri alami, sedangkan manfaat baking soda adalah untuk menghilangkan bau dengan menyingkirkan kotoran dan kelembaban.

Catatan : Disarankan memilih minyak esensial dengan aroma yang menenangkan, seperti lavender, chamomile, cendana dan kenanga. Aduk rata campuran itu, lalu taburkan di atas kasur atau matras.

2. Gosok dan Tekan Kasur

Gosok dan tekan  taburan campuran tadi seperti Anda melakukan massage atau pijatan untuk kasur Anda. Prosedur ini dapat membantu untuk membersihkan kasur Anda secara menyeluruh. Setelah itu, diamkan selama lebih kurang satu jam.

Sambil menunggu, lakukan pembersihan dinding di sekitar tempat tidur, pasanglah sprei dan bed cover  yang baru. Aturlah tempat tidur senyaman mungkin.

3. Manfaatkan Vacuum Cleaner

Selang satu jam kemudian, hidupkan vacuum cleaner atau alat penyedot debu dan mulailah membersihkan kasur Anda..

Bukan masalah jika campuran baking soda dan minyak esensial tersedot alat penghisap debu itu Namun pastikan kasurnya bersih secara menyeluruh.

Kini Anda sudah memiliki Kasur yang bersih, nyaman dan sehat untuk digunakan tidur.

Semoga bermanfaat.

Baca juga : Waspada Dibalik Manisnya Gula

 

Salam Bebas Bergaya.

Sumber : Hufftington Post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now Button
Shares
%d bloggers like this: