Manfaat Senam Kegel Untuk Suami Istri

Manfaat Senam Kegel Untuk Suami Istri

Manfaat Senam Kegel Untuk Suami Istri akan terasa saat usia makin bertambah. Karena manfaat senam kegel yang dilakukan dengan rutin mampu mempertahankan kekuatan dan kelenturan otot-otot panggul bagian bawah. Pada bagian itu biasanya dengan bertambahnya usia menjadi melemah, sehingga mempengaruhi organ-organ seperti rahim, pencernaan, serta kemampuan menahan urine juga kemampuan menahan ejakulasi untuk pria.

Senam Kegel dikembangkan oleh dr. Arnold Kegel di tahun 1940-an. Senam ini pada awalnya untuk mengatasi masalah buang air kecil wanita yang baru melahirkan. Namun setelah banyak yang melakukan makin terlihat manfaatnya untuk kesehatan pria dan wanita yang melakukannya.

manfaat senam kegel

 

Manfaat Senam Kegel Untuk Otot Dasar Panggul.

Senam Kegel adalah senam yang ditujukan untuk melatih otot panggul bawah atau otot dasar panggul. Otot dasar panggul adalah sekelompok otot yang terletak didasar panggul yang berfungsi mendukung berbagai organ, antara lain kandung kemih, rahim, serta saluran pencernaan (rektum). Dengan berjalannya usia, maka otot dasar panggul bisa meregang, melemah, serta kehilangan tonus (tegangan) otot. Jadi sangat penting untuk melatih kekuatan otot panggul bawah atau otot dasar panggul ini.

Manfaat senam Kegel untuk pria adalah memperbaiki inkontinensia urine, yaitu ketidakmampuan menahan urine (dikenal dengan sebutan mengompol). Pada saat batuk, bersin, atau mengangkat beban berat akan terasa dorongan untuk mengompol. Dengan melakukan senam Kegel secara rutin, akan dapat meningkatkan tonus serta kekuatan otot dasar panggul. Dan berefek positip dalam memperbaiki keluhan inkontinensia urine.

Senam kegel juga bermanfaat memperbaiki inkontinensia alvi (anal incontinence) atau pengendalian pembuangan feses. Dengan senam Kegel , maka otot dasar panggul pada area anus akan lebih kuat, sehimgga akan memperbaiki tonus dan kekuatan sfingter ani (kumpulan serabut otot yang memiliki bentuk seperti cincin dan berfungsi untuk menutup jalur atau pembukaan alamiah pada anus), sehingga dapat membantu pengendalian saat buang air besar.

Baca juga : Cara langsing ala Dewi Hughes

Senam Kegel yang dilakukan dengan rutin akan memperlancar peredaran darah pada area panggul, sehingga dapat menjaga kesehatan prostat. Selain itu, dengan lancarnya aliran darah serta oksigenasi yang baik sehingga menjangkau otot dan jaringan bisa membantu proses ereksi. Anda yang sedang memiliki gangguan ereksi, sangat dianjurkan untuk melakukan senam Kegel.

Untuk kasus ejakulasi dini, dengan rutin melakukan senam Kegel bisa membantu kontraksi otot dasar panggul. Sehingga pada saat mendekati klimaks, dapat menunda ejakulasi. Manfaat senam Kegel lainnya adalah membantu orgasme menjadi lebih kuat dan meningkatkan kekuatan ejakulasi. Konon para pria yang rutin melakukan senam Kegel, dapat mengalami multiple orgasm. 

Senam Kegel untuk wanita bermanfaat untuk memperbaiki kondisi yang bisa menurunkan kekuatan otot dasar panggul. Beberapa hal seperti persalinan, penuaan, kelebihan berat badan, dan operasi bisa menurunkan fungsi juga kekuatan otot dasar panggul.

Gerakan Senam Kegel yang ditujukan untuk mengencangkan otot dasar panggul bermanfaat untuk mengencangkan otot-otot di bawah rahim, kantong kemih, dan usus besar.

 

Otot dasar panggul yang melemah dan melebar pada pasca persalinan akan menyebabkan turunnya rahim. Kondisi ini bisa dicegah dengan rutin melakukan senam Kegel selama masa kehamilan.

Cara Melakukan Senam Kegel

Senam Kegel relatif sederhana dan tidak perlu tahapan dan panduan yang rumit, atau bahkan ruangan dan pakaian khusus.

Tapah pertama senam Kegel dapat dilakukan sambil berbaring sebagai berikut:

  • Mengidentifikasi bagian yang disebut otot dasar panggul atau otot panggul bawah. Cobalah dengan menghentikan keluarnya urine pada saat buang air kecil. Otot yang berfungsi menahan air seni itulah yang disebut otot dasar panggul Anda. Untuk pria, lakukan pengamatan sambil berkaca, kemudian kencangkan otot panggul Anda. Perhatikan, bagian bawah penis Anda akan bergerak ke arah perut dan testis pun akan naik, itulah otot dasar panggul Anda..
  • Kosongkanlah kandung kemih Anda. Silakan mengambil posisi berbaring. Kencangkan otot dasar panggul  Anda. Tahan sampai 5 detik, baru kemudian lepaskan. Ulangi sekitar 4-5 kali. Setelah itu tingkatkan durasi dari 5 ke 10 detik.
  • Pada saat mengencangkan otot panggul dasar ini, jangan mengencangkan otot perut, paha, dan bokong. Bernapaslah dengan santai.
  • Lakukan gerakan ini tiga kali sehari dan diulang setidaknya sebanyak 3 x 10 kali. Jangan melakukan gerakan ini sambil menahan kencing, sebab justru bisa melemahkan otot panggul dan berisiko terjadinya infeksi saluran kencing.

Hasil yang maksimal akan diperoleh jika gerak tubuh ini dilakukan setiap hari. Tidak perlu waktu dan ruang khusus saat melakukannya. Senam Kegel bahkan bisa dilakukan saat Anda sedang duduk mengetik atau pun dalam perjalanan. Ketika otot panggul Anda makin kencang, cobalah bervariasi melakukan senam Kegel sambil berdiri atau berjalan.

Yuk Senam Kegel !

Baca juga : Hypnolangsing untuk menurunkan berat badan tanpa obat

Salam Bebas Bergaya.


Cara Cerdas Turunkan Berat Badan

Tanpa Obat Tanpa Diet Ketat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now Button
Shares
%d bloggers like this: