Tips agar berat badan tidak naik saat puasa

Tips agar berat badan tidak naik saat puasa

tips agar berat badan tidak naik saat puasa

Saat melakukan kegiatan puasa seharusnya asupan makanan kedalam tubuh berkurang, sehingga mengakibatkan cadangan energi dalam tubuh terpakai untuk mensuplai kekurangan tersebut. Dan kalau dilakukan terus menerus dalam waktu satu bulan seperti dalam ibadah puasa umat Islam, bisa menyebabkan penurunan berat badan. Namun saat ini tidak sedikit kejadian yang menunjukkan hal sebaliknya. Beberapa orang mengalami kenaikan berat badan yang signifikan. Jadi tidak aneh kalau salah satu negara di Timur Tengah sampai memberikan hadiah bagi orang yang berat badannya tidak naik saat menjalani puasa Ramadhan. Jadi mengapa hal itu bisa terjadi dan apa tips agar berat badan tidak naik saat puasa, mari kita ikuti bahasan berikut ini.

Baca juga : Manfaat Senam Kegel Untuk Suami Istri

Inilah penyebab berat badan naik saat puasa.

a. Makan berlebihan saat berbuka puasaSetelah berpantang makan dan minum selama seharian, membuat keinginan “balas dendam” makan saat berpuasa menjadi tidak terkontrol. Selain banyak yang terpengaruh info kurang tepat soal asupan makanan, bisa jadi juga karena sehabis bekerja cukup berat, sehingga banyak memilih makanan yang tinggi gula dan garam. Akibatnya tubuh menjadi kelebihan karbohidrat yang akhirnya disimpan menjadi lemak.

b. Ngemil lebih banyak dari biasanya. Karena beranggapan jadwal makanan berubah menjadi 2 kali sehari dari yang biasanya 3 kali sehari, maka banyak yang tidak sadar  menggantinya dengan ngemil makanan lebih banyak dan lebih sering dari biasanya.

c. Menurunkan aktivitas fisik. Dengan anggapan kalau berpuasa akan haus, lapar dan lemas, maka tidak sedikit yang secara sadar mengurangi aktivitas fisiknya dengan nyata dan memilih tidur. Akibatnya akan makin lemas dan banyak energi yang tidak terpakai dan menjadi lemak.

d. Kurang tidur. Aktivitas di bulan puasa khususnya di malam hari biasanya bertambah, sehingga akan mengurangi waktu tidur. Dan kalau kurang tidur cenderung merasa lapar yang akhirnya ngemil cukup banyak. Hal ini akibat terjadinya perubahan aktivitas hormon leptin yang berfungsi mengendalikan rasa lapar.

e. Tidur setelah makan sahur. Karena merasa kurang tidur yang nanti akan mengganggu aktivitas kerja, maka sering setelah sahur memilih tidur. Akibatnya metabolisme tidak bekerja dengan baik dan terjadi penumpukan energi berupa lemak.

Baca juga : Sembuh Dengan Meditasi Tertawa

Berikut tips agar berat badan tidak naik saat puasa.

a. Minum air putih saat berbuka. Saat membatalkan puasa dahulukan minum air putih untuk menetralkan keasaman lambung Anda. Kemudian makanlah salad atau jus buah secukupnya untuk mengembalikan kebugaran Anda. Makanan ringan ini juga cukup mengenyangkan. Hindari gorengan atau makanan manis yang berlebihan.

b. Makanan utama yang bergizi. Jangan memilih makanan yang asal enak dan asal kenyang. Pilihlah yang kadar gizinya baik, sehingga mampu memberi energi yang cukup lama menahan lapar dan tidak menyebabkan Anda ingin ngemil lagi.

c. Beraktivitas seperti biasa. Dengan beraktivitas seperti hari-hari yang lain, justru menjaga kebugaran Anda. Dan metabolisme tubuh Anda akan berjalan baik. Sehingga tidak ada penumpukan lemak berlebihan dalam tubuh. Namun untuk aktivitas yang mengakibatkan keluarnya keringat berlebihan agar dikurangi, agar tidak terjadi dehidrasi. Aktivitas berat seperti ini lebih baik digeser waktunya mendekati saat berbuka puasa atau setelah berbuka puasa.

d. Pengaturan waktu tidur. Untuk mengurangi efek kekurangan tidur, maka buatlah jadwal tidur khusus untuk bulan puasa ini. Anda bisa tidur malam lebih awal agar walaupun bangun lebih pagi, tapi tidak mengurangi waktu tidur Anda.

e. Pilihlah aktivitas ringan setelah sahur. Dengan melakukan aktivitas ringan ini membuat tubuh Anda lebih siap untuk meghadapi aktivitas harian Anda.

Jadi pada pokoknya diperlukan pengaturan ulang agar asupan makanan terpenuhi dan aktivitas harian Anda tetap terjaga dan tidak hanya berdasarkan persepsi saja.

Semoga tips agar berat badan tidak naik saat puasa ini bermanfaat dan menjadikan puasa Anda memberikan efek positip lahir dan batin.

 

Salam Bebas Bergaya,

================================================================================

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now Button
Shares
%d bloggers like this: