Tips Membersihkan Kamar Mandi

Tips Membersihkan Kamar Mandi

Kamar mandi yang memang basah menjadi tempat yang ideal untuk tumbuhnya jamur dan lumut. Pemakaian sabun dan cipratan air yang mengenai dinding juga akan meninggalkan noda. Karena terjadinya secara perlahan, maka lambat laun akan membentuk kotoran dan noda yang menganggu. Kalau hal ini dibiarkan tentu tidak baik untuk kebersihan dan kesehatan. Padahal membersihkan kamar mandi tidaklah sesulit yang Anda bayangkan.  Juga tidak memakan banyak waktu. Anda hanya membutuhkan cara yang tepat dan bantuan produk pembersih untuk setiap bagian di kamar mandi. Tips membersihkan kamar mandi berikut ini dapat Anda coba.

Tips membersihkan kamar mandi per bagian

tips membersihkan kamar mandi

Area Wastafel

Wastafel merupakan bagian yang paling mudah untuk dibersihkan. Selain itu tidak banyak membutuhkan peralatan. Anda hanya cukup menggunakan kain mikrofiber dan produk bubuk pembersih atau semprotan cair pembersih serta produk pembuang kerak kapur. Bisa juga dengan cuka untuk bagian kamar mandi yang kondisinya rentan terhadap kerak kapur. Namun harus diingat untuk selalu menguji produk pembersih di bagian kecil yang tak nampak. Dan juga pastikan untuk tidak menggunakan cuka pada lantai karena dapat merusak nat.

Tips membersihkan kamar mandi di area wastafel sebagai berikut:

  • Singkirkan semua barang di area wastafel.
  • Tuang air panas ke wastafel supaya uapnya membantu melepaskan kerak dan kotoran yang melekat.
  • Setelah beberapa saat buang air di wastafel, kemudian tuang produk pembersih seperti cuka atau produk-produk lainnya, yang berfungsi untuk mengangkat kerak kapurnya.
  • Gosok merata wastafel tersebut.
  • Untuk menghilangkan bau tak sedap, tambahkanlah sedikit bubuk soda kue atau bakng soda kemudian di lap.
  • Bilaslah wastafel kemudian lap hingga bersih.

Area kloset

Kloset adalah area yang sangat penting, namun yang sering terabaikan kebersihannya. Padahal relatif mudah melakukannya dengan peralatan dan bahan yang tepat. Anda bisa memilih dari banyak pilihan produk pembersih kloset, baik yang berbentuk bubuk maupun yang cair. Selain itu dengan sikat toilet, sarung tangan karet, spons, dan semprotan disinfektan, maka pekerjaan ini akan memberikan hasil yang sempurna.

Tips membersihkan kamar mandi di area kloset adalah sebagai berikut :

  • Gunakan sarung tangan karet, kemudian siram kloset untuk membasahi mangkuknya.
  • Tuangkan produk pembersih WC di bagian dalam pinggiran mangkuk kloset.
  • Gosok merata bagian dalam mangkuk kloset dengan menggunakan sikat toilet. Selalu ikuti petunjuk pemakaian di kemasan pembersih WC. Jika ada noda membandel, tuangilah dan diamkan pembersih untuk beberapa menit.
  • Siramlah mangkuk toilet sekali lagi, kemudian ulangi tahap ke-2 dan tahap ke-3 sampai menurut Anda hasilnya memuaskan.
  • Semprotkan disinfektan dan gunakan spons untuk mengelap pinggiran, dudukan, tutup, serta dinding luar kloset. Kemudian, lap seluruh permukaannya dengan menggunakan kain yang kering dan bersih.
  • Hindarilah untuk mencampur pembersih kloset yang sifatnya asam dengan karbol. Selalu baca dan ikuti petunjuk yang tertera di label produk pembersih kloset apa pun.

Area pancuran, bak mandi, dan ubin

Bak mandi bisa dibersihkan dengan produk pembersih multifungsi. Tapi harus dihindari penggunaan bahan yang sifatnya asam, karena  dapat merusak nat

Tips membersihkan kamar mandi di area pancuran, bak mandi dan ubin adalah sebagai berikut :

  • Gosoklah bak mandi dengan menggunakan produk pembersih agar kerak kapur terangkat. Cara yang sama juga bisa diterapkan untuk lantai kamar mandi basah. Tapi ingat, jangan menggunakan bahan yang sifatnya asam yang dapat merusak nat.
  • Setelah itu bilas dengan air bersih.
  • Periksa juga saluran air. Jika tidak lancar atau salurannya mampet, gunakanlah produk khusus atau dengan membuat campuran bubuk soda kue ditambah cuka untuk menghancurkan sumbatannya .

Tips tambahan

Berikut tips membersihkan kamar mandi tambahan agar senantiasa bersih dan sehat.

  • Untuk kamar mandi kering, silakan pel lantai keringnya dengan menggunakan produk pembersih lantai atau bisa juga dengan alat pel uap. Dinding kamar mandi yang berlapis keramik atau porselen, bisa dibersihkan dengan menggunakan disinfektan untuk mengelapnya.
  • Buang barang-barang yang tidak perlu dan sisakan yang benar-benar diperlukan saja. Karena seringkali botol-botol kosong dan barang lain bekas pakai sering kali lupa untk membuangnya.
  • Bersihkan dan cuci tempat sampah secara rutin.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, lakukan kegiatan membersihkan kamar mandi ini seminggu sekali. Kalau rutin dilakukan, maka proses membersihkan kamar mandi ini tidak akan membutuhkan banyak waktu. Sebab noda dan kotoran tidak sempat menumpuk.

Baca juga : Manfaat Baking Soda Untuk Membersihkan Kasur

Demikianlah tips membersihkan kamar mandi ini yang dibuat berdasarkan pengalaman kami. Semoga bermanfaat untuk Anda.

 

Salam Bebas Bergaya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now Button
Shares
%d bloggers like this: